1 Apr 2018

Apple Cake

Apple Cake -



Libur Paskah yang sudah direncanakan dengan matang ternyata terpaksa saya batalkan karena melihat kondisi keisha yang batuk dan flu. Akhirnya hanya suami dan ponakan yang berangkat dan saya bersama krucils jaga rumah. Awalnya krucils protes keras, bersikeras ikut berangkat tapi dengan iming-iming nonton film peter the rabbit di bioskop, akhirnya mereka luluh juga...hehe.

Mendadak saya harus bikin planning ngisi liburan dirumah bersama krucils selama 4 hari dan salah satu kegiatan yang krucils suka: baking!. Ini termasuk kegiatan yang sudah sangat jarang saya lakukan semenjak keisha diet, tapii sesekali biarlah, apalagi ini lagi libur panjang dan mereka suka ngaduk-ngaduk dan nambahin 'kerja beberes' dapur mama-nya :p

Selain itu juga untuk mengaktifkan blog yang sudah terbengkalai sejak ditinggal belajar lagi. Sebetulnya kegiatan masak-memasak didapur terus jalan, hanya tak sempat direkam di blog ini.

Baiklah, saya mulai lagi. Kali ini baking apple cake yang simpel dan enak. Resep saya adaptasi dari  natasha kitcehn

Resep ini betul-betul mengandalkan telur karena tanpa lemak (minyak, mentega atau margarin) jadi saat mengocok telur, pastikan adonan sudah betul-betul pucat dan kental biar cakenya mengembang dan tidak berasa telur.




Bahan

6 butir telur (suhu ruang)
1 cup (lk. 210 gr) gula pasir
1 1/3 cup (lk. 165 gr) tepung serba guna
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt baking powder
3 buah apel granny smith (kupas dan iris kecil-kecil)

Loyang springform diameter 22 cm (saya pakai loyang springform diameter 18 cm, tapi loyang saya alasi dg kertas roti dan sekeliling loyang juga saya kasih kertas roti biar tinggi). Loyang tak perlu dioles apapun, cukup dialas kertas roti saja.

Cara Membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 175 C dan atur rak pada bagian tengah.
2. Ayak tepung, baking powder, vanili bubuk. Sisihkan.
3. Kocok telur dengan kecepatan tinggi. Kocok sampai tercampur rata, masukkan gula sedikit demi sedikit sembari adonan terus dikocok. Kocok sampai adonan benar-benar pucat dan kental (lk. 10-12 menit jika menggunakan kocokan listrik tangan).

4. Matikan mixer dan masukan tepung sedikit demi sedikit sembari diaduk balik menngunakan spatula. Aduk sampai rata (jangan terlalu lama ngaduknya).

5. Masukan 2/3 irisan apel ke adonan, aduk rata.
6. Tuang adonan ke loyang dan taburkan sisa irisan apel diatas adonan.
7. Panggang lk. 55 menit.
8. JIka sudah matang angkat dan diamkan beberapa menit sebelum dilepas dari loyang.
9. Setelah dingin bisa ditabur gula halus (jika suka) dan sajikan.




Apple Cake shared from laily goraya
Republish by The CC Resepi

0 comments:

Post a Comment

 
;